Rabu, 03 Oktober 2012

ALIRAN-ALIRAN KOPERASI

ALIRAN KOPERASI

Aliran koperasi dibagi menjadi 3 yaitu :

Aliran yardstick
            Menurut aliran ini,koperasi dapat menjadi kekuatan untuk mengimbangi, menetralisasikan dan mengoreksi . maju tidaknya koperasi tergantung dari para anggotanya sendiri, karena pemerintah tidak melakukan campur tangan terhadap jatuh bangunnya koperasi di tengah-tengah masyarakat .
Aliran ini dijumpai pada negara-negara yang berideologi liberalis/kapitalis, atau negara-negara yang menganut sistem perekonomian liberal . pengaruh aliran ini sangan kuat, terutama di negara-negara barat, dimana industri berkembang secara pesat . misalnya : amerika serikat, perancis, jerman, inggris, belanda, dll .
Aliran sosialis
            Menurut aliran ini,koperasi di pandang sebagai alat yang paling efisien dan efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat . selain itu, menyatukan rakyat lebih mudah melalui organisasi koperasi .
Aliran ini dijumpai pada negara-negara yang berideologis sosialis/komunis, atau negara-negara yang menganut sistem perekonomian sosialis . pengaruh aliran ini banyak dijumpai di negara-negara eropa bagian timur dan rusia .
Aliran persemakmuran (COMMONWEALTH)
            Menurut alira ini, koperasi di pandang sebagai alat yang paling efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat . selain itu, koperasi di pandang sebagai wadah ekonomi rakyat berkedudukan strategis dan memegang peranan penting dalam struktur perekonomian masyarakat . hubungan pemerintah dengan gerakan koperasi bersifat kemitraan/partnership, dimana pemerintah bertanggung jawab dan berupaya agar iklim pertumbuhan koperasi tercipta dengan baik . aliran ini dijumpai pada negara-negara yang memiliki ideologi selain ideologi liberalis dan komunis,atau negara-negara yang menganut perekonomian campuran .

SCHOOL OF COOPERATIVES
School of cooperatives dibagi menjadi 4 aliran berdasarkan peranan dan fungsinya dalam konstelasi perekonomian negara, yaitu :
-          Cooperative commonwealth school
-          School of modified capitalism / school of competitive yardstick
-          The socialist school
-          Dan cooperative sector school

Tidak ada komentar:

Posting Komentar